Apakah E-Commerce?
E-Commerce
adalah bagian dari E-Business,
E-Commerce adalah aspek penjualan dari sebuah electronic
business.
Jika anda mendengar tentang orang yang
berbelanja di internet dan bagaimana orang membuat website untuk menjual barang, melakukan transaksi, menerima pembayaran, dan memenuhi pesanan, maka anda sedang mendengar tentang E-Commerce.
Sejarah
perkembangan E-Commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian
terus berkembang sehingga timbulah E-Commerce.
Pada
awalnya, internet merupakan koperasi komputer yang tidak dimiliki siapapun. Internet
lahir pada tahun 1969 ketika sebuah kelompok peneliti di Departemen Pertahanan
Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute,
Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Hubungan ini
dilakukan untuk menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu
dengan yang lain mengenai proyek-proyek pemerintah. Jaringan ini dikenal dengan
istilah ARPAnet-ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency
yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih
dari lima puluh universitas dan agensi-agensi militer telah terhubung
bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai
muncul di sekitar negara bagian (country) dan dunia. Seiring dengan
perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara
militer dan kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer,
jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain (interconnected), inilah
awal mula dipakai istilah "Internet".
Pada
awal penerapan electronic commerce yang bermula di awal tahun 1970-an dengan
adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer(EFT). Saat itu penerapan sistem
ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar, lembaga keuangan
pemerintah dan beberapa perusahaan menengah kebawah yang nekat, kemudian
berkembang hingga muncullah yang dinamakan EDI ( Electronic Data Interchange).
Bermula dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lainnya yang membuat
perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga keuangan
hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya. Kemudian terus berkembang
aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari trading saham sampai ke
sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu sistem tersebut dikenal sebagai
aplikasi telekomunikasi.
Awal tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan, maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal e-Commerce. Riset center e-Commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar.
Electronic
commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang di gambarkan sebagai proses
jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui
jaringan informasi internet(Turban, Lee, King, Chung, 2000).
Karakteristik
Utama E-Commerce:
1.
Terjadinya transaksi antara dua
belah pihak.
2.
Adanya pertukaran barang, jasa, atau
informasi.
3.
Internet merupakan mediium utama
dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
E-Commerce terbagi atas dua segmen yaitu :
- Business to business e- commerce (perdagangan antar pelaku usaha).
- Business to consumer e-commerce (perdagangan antar
pelaku usaha dengan konsumen
Perkembangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar